WriteBetter

Kamus: pintu masuk ke ekspresi yang tepat

Kamus Tujuan Umum (Monolingual): Jenis yang paling umum di sekitar. Ditulis dalam satu bahasa, fungsi utamanya adalah memberikan definisi yang ringkas dan mudah dibaca untuk setiap kata yang terdaftar, di samping contoh klarifikasi tentang cara menggunakannya, dan cara pengucapannya. Sebagian besar ditujukan untuk penutur asli dan pelajar tingkat lanjut, mereka cukup berguna untuk mencari tahu apa arti kata tertentu. Contoh umum adalah Merriam-Webster Dictionary, Longman Dictionary of Contemporary English, dan Oxford English Dictionary.

Kamus Bilingual: Teman Anda yang paling dapat diandalkan jika Anda belajar bahasa kedua (selain orang sungguhan, tentu saja). Dalam hal ini, Anda akan menemukan entri dengan satu atau lebih kemungkinan terjemahan untuk istilah tertentu, di samping cara pengucapannya dalam bahasa target (dalam kasus ini penggunaan pengucapan IPA menjadi perlu). Jika format kamus memungkinkan, setiap entri mungkin juga berisi contoh kata yang digunakan. Salah satu kekhasan dari jenis kamus ini adalah jumlah kemungkinan terjemahan yang terkadang luar biasa untuk istilah tunggal. Dengan kata lain, istilah yang dalam bahasa ibu Anda hanya memiliki dua definisi mungkin memiliki lima atau lebih arti dalam bahasa target (misalnya, kata bahasa Inggris “up” dapat berarti “levantado”, “arriba”, “expirado” y “ hasta” dalam bahasa Spanyol). Contoh umum dari jenis kamus ini adalah seri Larousse Pocket Dictionary dan seri Collins Pocket Dictionary.

Tesaurus: Namanya mungkin menipu, karena fokusnya bukanlah dinosaurus atau makhluk prasejarah dalam bentuk apa pun – sebagai gantinya, tesaurus menyediakan daftar sinonim dan antonim (yaitu kata-kata dengan arti yang sama, dan kata-kata yang berarti sebaliknya) untuk setiap istilahnya. mencakup. Ini menjadikannya salah satu jenis kamus yang paling berguna untuk menulis karena memungkinkan Anda meningkatkan variasi leksikal teks Anda, menghindari pengulangan istilah yang sama berulang-ulang sambil menambahkan lapisan nuansa pada gagasan yang disajikan. Contoh umum dari tesauri adalah Thesaurus.com, Thesaurus Macmillan, dan Thesaurus Merriam-Webster.

Kamus “Informal”: Sebagian besar kamus berfokus pada daftar “cara yang benar” di mana kata-kata harus digunakan, meskipun sifat bahasa yang selalu berubah membuat hampir tidak mungkin untuk menetapkan versi tunggalnya sebagai yang “resmi”. Namun, upaya dilakukan untuk membuat katalog berbagai tata krama di mana penutur dan penulis memelintir dan menyesuaikan bahasa dengan kebutuhan khusus mereka – ini dikenal sebagai kamus “informal” (seperti dalam non-standar), dan mereka mencakup semua penyimpangan dari ” standar” dari bahasa tertentu, dari bahasa gaul hingga variasi daerah. Salah satu contoh paling menonjol dari jenis kamus ini adalah Urban Dictionary, di mana pengguna memeriksa istilah mana yang diterima sebagai sarana ekspresi yang valid, dan mana yang tidak. Contoh lain termasuk dan Kamus Bahasa Inggris Afrika Selatan.

Kamus Lapangan Khusus: Jika Anda kebetulan sedang membaca dokumen hukum seperti polis asuransi atau berani membaca salah satu karya filosofis Immanuel Kant, Anda mungkin akan kesulitan memahami apa yang Anda baca daripada jika Anda membaca teks biasa. menderita kata sifat. Untuk menjembatani kesenjangan antara istilah kompleks dan tidak umum yang mungkin muncul dalam jenis teks tersebut di atas, ada kamus yang berfokus pada leksikon teknis yang digunakan dalam bidang khusus, seperti hukum, politik, dan kedokteran. Definisi yang diberikan dalam kamus jenis ini cenderung lebih panjang dari jenis sebelumnya, karena setiap entri tidak hanya bertujuan untuk memberikan definisi untuk setiap istilah, tetapi juga harus menjelaskan apa arti setiap konsep yang diterapkan dalam konteks bidangnya. mencakup. Contoh umum dari jenis kamus ini adalah Black’s Law Dictionary, Dictionary of Ophthalmology, dan Oxford Dictionary of Philosophy.

Kamus Ensiklopedis: Serupa dengan Kamus Lapangan, tetapi berbeda dalam cakupan topik yang dibahas, kamus jenis ini mengumpulkan istilah dan konsep dari semua bidang pengetahuan dan menjelaskan setiap entri secara menyeluruh namun ringkas. Dari hewan hingga pertempuran bersejarah hingga negara, Kamus Ensiklopedis sangat berguna untuk meningkatkan pengetahuan umum Anda tentang dunia sekitar. Contoh umum dari jenis kamus ini adalah Kamus Petit Larousse Illusté (tersedia dalam bahasa Prancis, Spanyol, dan Italia) dan Oxford Encyclopedic English Dictionary.

Kamus Etimologis: Jenis kamus ini mungkin termasuk dalam kategori Kamus Bidang Khusus, tetapi kamus etimologis tidak berfokus hanya pada satu kelompok istilah leksikal yang terkait erat. Kamus etimologis membuat katalog sejarah setiap kata, menelusuri kembali akarnya ke versi bahasa sebelumnya. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi kata mana yang merupakan kata “asli” dan mana yang merupakan pinjaman, mempelajari kata mana yang terkait di antara kata-kata tersebut, atau mengetahui berapa umur sebuah istilah sebenarnya. Contoh umum kamus etimologis adalah Kamus Etimologi Online dan Kamus Oxford Etimologi Bahasa Inggris.

Scroll to top