WriteBetter

Langkah demi Langkah: Cara Diterima di Konferensi Akademik

Apakah Anda seorang mahasiswa sarjana atau pascasarjana, menghadiri konferensi akademik adalah cara yang positif untuk mengeksplorasi penelitian baru di bidang keahlian Anda, untuk bertemu dengan peneliti lain, dan untuk mempresentasikan karya Anda sendiri. Menampilkan penelitian Anda di konferensi memungkinkan orang lain di bidang Anda untuk memberikan umpan balik pada pekerjaan Anda, menjelaskan aspek yang lebih lemah dan lebih kuat dari studi Anda. Tetapi sebelum mempresentasikan di konferensi apa pun, Anda harus diterima. Jangan panik jika Anda belum pernah mendaftar ke sebuah konferensi atau abstrak Anda ditolak di beberapa konferensi, karena dalam entri ini kami akan membagikan tips tentang proses aplikasi untuk memberi Anda peluang sukses yang besar.

Memilih konferensi yang tepat

Ini mungkin terdengar agak jelas, tetapi salah satu alasan mengapa makalah ditolak dari konferensi adalah karena tidak relevan dengan topik konferensi. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui topik konferensi yang relevan dengan topik utama bidang tersebut. Untuk meningkatkan peluang Anda untuk diterima, Anda harus mencari cara untuk menghubungkan makalah Anda dengan jalur penelitian yang disediakan oleh penyelenggara. Untuk melakukannya, Anda harus memikirkan bagaimana penyelidikan Anda dapat relevan dengan topik dan melihat apakah temuan awal Anda dapat dikaitkan dengan topik konferensi dalam arti yang lebih luas. Jika Anda masih tidak yakin apakah konferensi tersebut cocok untuk penelitian Anda, Anda selalu dapat menggunakan empat pertanyaan ini untuk menghilangkan keraguan:

Jenis konferensi apa ini, apakah dalam disiplin/bidang saya? Sesi apa yang cocok dengan penelitian saya? Informasi apa yang mereka cari? Informasi apa yang mereka ketahui/tidak ketahui?

Mengetahui disiplin Anda

Setelah Anda memilih konferensi, Anda harus mulai menulis abstrak Anda. Abstrak digunakan sebagai filter untuk menentukan apakah Anda mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan penelitian Anda. Jika Anda tidak yakin apa itu abstrak atau Anda perlu memeriksa bagaimana abstrak itu diatur, saya mengundang Anda untuk membaca salah satu artikel kami sebelumnya tentang cara menulis abstrak yang terstruktur dengan baik.

Ada perbedaan antara menulis abstrak untuk disertasi Anda dan menulis abstrak untuk mendaftar ke konferensi. Untuk yang terakhir, Anda harus mengidentifikasi hubungan penelitian Anda dengan sesi atau konferensi, dan juga menganalisis seberapa banyak audiens memahami topik Anda. Sebelum Anda mulai mengatur abstrak Anda, jawablah pertanyaan-pertanyaan ini:

Koneksi ke sesi dan/atau konferensi

Informasi apa yang perlu eksplisit untuk menunjukkan koneksi ke sesi/konferensi Informasi apa yang bisa dibiarkan implisit? Informasi apa yang perlu dijelaskan kepada audiens?

Pemahaman audiens tentang topik Anda

Apakah mungkin mereka akan mengetahui latar belakang topik Anda (lokasi studi, jenis eksperimen, artefak yang digunakan dan analisis, dll.)? Apakah mungkin mereka akan memahami/mengetahui metodologi Anda? Apakah istilah atau frasa perlu dijelaskan dan dikutip untuk pengulas dan/atau audiens Anda?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan memungkinkan Anda untuk mempersempit informasi yang dibutuhkan dalam abstrak Anda.

Disetujui tetapi juga membutuhkan pengiriman ulang

Tergantung pada konferensi, Anda mungkin disetujui selama Anda mengirimkan kembali abstrak Anda. Ini berarti bahwa resensi memiliki keraguan tentang poin-poin tertentu dari tulisan Anda, yang dianggap relevan untuk pemahaman abstrak Anda. Secara umum, komentar pengulas cenderung eksplisit tentang masalah yang harus ditangani atau cara memperbaikinya. Mari kita lihat contoh komentar dari abstrak yang disetujui yang membutuhkan pengiriman ulang:

‘Topik asli sesuai dengan tema konferensi kekuasaan secara keseluruhan. Referensi untuk karya jurnalistik, bagaimanapun, harus didukung lebih baik secara teoritis. Kumpulan data perlu diidentifikasi dengan lebih baik—teks berita mana yang dianalisis dan orientasi ideologis mana dari publikasi semacam itu?”

Dalam hal ini, reviewer meminta peneliti untuk memberikan definisi yang lebih spesifik tentang karya jurnalistik yang harus didukung oleh teori. Selain itu, abstrak harus menyertakan informasi spesifik tentang data, yang menunjukkan sumber dari mana hasil diperoleh. Jika Anda ingin memastikan bahwa pengiriman ulang Anda akan berhasil, Anda selalu dapat mencoba mencari potongan penelitian yang diterbitkan oleh pengulas Anda dan melihat bagaimana dia mengartikulasikan bagian abstrak.

Cobalah sendiri

Sekarang setelah Anda mengetahui dasar-dasar mendaftar ke konferensi, cobalah untuk mempraktikkan tip-tip ini dengan mencari konferensi yang mungkin ingin Anda ikuti. Tidak harus tahun ini atau segera, lakukan saja sebagai cara untuk berlatih proses aplikasi Anda dan bagian penulisan abstrak. Semoga berhasil!

Artikel ini diperbarui pada 4 Februari 2022

Scroll to top