WriteBetter

Mengapa membuat garis besar dan bagaimana melakukannya • WriteBetter

Apa yang diminta guru dan pembaca dalam sebuah teks? Cara yang jelas dari ide-ide konsekuen yang sampai pada kesimpulan logis. Dengan kata lain, karya terbaik adalah karya yang tidak langsung menarik kesimpulan, melainkan menjelaskan serangkaian penyebab dan konsekuensi untuk mencapainya. Tidak selalu mudah untuk menyajikan ide-ide Anda dengan cara yang logis, sehingga garis besar dapat berguna dalam hal itu.

Bahkan ketika Anda tampaknya memiliki ide yang sangat jelas dan berlimpah, garis besar akan membantu Anda menempatkannya dalam urutan yang benar dan membedakannya. Apa yang harus saya sebutkan terlebih dahulu? Saran umum adalah memulai dengan ide yang sangat umum untuk menyimpulkan ide yang sangat spesifik, atau sebaliknya. Masing-masing, ini biasanya disebut pendekatan deduktif dan induktif untuk argumen, dan mereka didasarkan pada prinsip-prinsip metodologis ilmiah. Dengan cara ini, kami memudahkan pembaca kami untuk mengikuti ide-ide kami dan memahaminya.

Haruskah saya memprioritaskan argumen saya? Terkadang, kita cenderung berpikir bahwa semakin banyak kita memperluas apa yang kita katakan, semakin baik. Tapi sebenarnya kebalikannya: semakin sedikit kata untuk menjelaskan ide Anda, semakin mudah Anda membuat diri Anda dipahami. Dan ini tidak hanya berkaitan dengan urutan, tetapi juga harus cukup rendah hati sebagai penulis dan tidak berusaha menjelaskan semuanya. Argumen yang kuat adalah argumen yang berfokus hanya pada satu ide utama. Garis besar biasanya dibuat dari kalimat topik, yaitu setiap kalimat pertama dari setiap paragraf yang Anda tulis. Dan setiap kalimat topik hanya boleh mengandung satu gagasan utama, yang cukup untuk dieksplorasi dalam satu paragraf. Paragraf yang memiliki lebih dari satu ide pokok seringkali dianggap berantakan dan tidak jelas oleh guru. Ingatlah bahwa tujuannya adalah untuk membantu audiens Anda memahami teks Anda.

Tidak ada yang tahu topik Anda lebih baik dari Anda! yang berarti bahwa orang lain tahu lebih sedikit daripada Anda… Jangan anggap remeh konsep apa pun. Perkenalkan setiap kata yang mungkin tampak penting untuk memahami sisa teks dan lakukan segera setelah Anda menuliskannya untuk pertama kalinya. Jangan menunggu sampai kesepuluh kalinya Anda menyebutkan fotosintesis untuk menjelaskan apa itu fotosintesis! Perkenalkan konsep dengan memberikan definisi. Saat ini, kamus tidak hanya memberi kita arti untuk kata-kata dan, kadang-kadang, sinonim mungkin lebih berguna daripada memberikan definisi istilah, yang merupakan solusi yang dapat ditemukan dalam perangkat lunak bahasa modern. Aplikasi online semacam ini dapat digunakan saat Anda mengerjakan outline dan dapat membantu Anda mendapatkan inspirasi tentang cara memperkenalkan konsep baru ke teks Anda. Mulailah menulis dan perangkat lunak seperti WriteBetter akan memberi Anda ide tentang cara melanjutkan paragraf Anda! Dalam program ini Anda dapat menemukan sinonim dan antonim untuk kata-kata dan kamus yang memberi tahu Anda contoh paling umum di mana Anda dapat menemukan kata tertentu!

Scroll to top