WriteBetter

Pengembangan teks dengan sebab dan akibat

Salah satu pola organisasi yang mungkin ingin Anda gunakan dalam teks Anda adalah “sebab dan akibat”. Anda menggunakan metode ini ketika Anda ingin menunjukkan hubungan kausal antara peristiwa, di mana ‘penyebab’ adalah peristiwa atau kondisi yang menghasilkan akibat, atau ‘akibat’.

Struktur dasar teks sebab-akibat akan seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1, di mana ada satu sebab atau alasan untuk setiap efek yang dihasilkan.

Gambar 1

Namun, pola sebab-akibat memiliki fleksibilitas yang lebih besar, karena hubungan antara sebab dan akibat tidak selalu begitu jelas.

Gambar 2

Faktanya, Anda mungkin memiliki satu penyebab yang menghasilkan beberapa efek (Gambar 2), atau beberapa penyebab yang berkontribusi mungkin hanya memiliki satu hasil (Gambar 3).

Gambar 3

Lebih sering daripada tidak, Anda mungkin memiliki rantai sebab dan akibat dengan ‘bobot’ dan tingkat kepentingan yang berbeda.

SEBUAH KATA CARA MENUNJUKKAN PENYEBAB DAN AKIBAT

Memahami cara kerja sebab dan akibat tidak semua yang Anda butuhkan untuk berhasil menulis teks yang baik. Karena polanya sangat fleksibel, ada banyak cara untuk mengatur ide-ide Anda, dan untuk melakukannya secara efektif, Anda memerlukan sejumlah kata dan frasa yang berguna untuk menyampaikan apa yang ingin Anda ungkapkan. Di sini Anda memiliki tabel yang mencakup beberapa konjungsi, preposisi, dan transisi yang berharga.

Mengetahui cara kerja konektor ini adalah kuncinya. Beberapa dari mereka menyampaikan gagasan bahwa penyebab datang sebelum akibat (seperti ‘karena itu’, ‘akibat’, dll), seperti dalam contoh:

Makan terlalu banyak junk food menyebabkan masalah kesehatan. (‘makan junk food’ adalah penyebab ‘masalah kesehatan’, efeknya) Saya membeli mobil baru; oleh karena itu, saya tidak akan datang terlambat untuk bekerja lagi. (memiliki mobil adalah penyebab datang lebih awal).

Penghubung lain, bagaimanapun, menyampaikan sebaliknya, yaitu gagasan bahwa akibat datang sebelum penyebab (seperti ‘karena’, ‘karena’, ‘sejak’, dll), seperti dalam contoh berikut:

Ibuku memiliki masalah kesehatan karena konsumsi junk food. (‘gangguan kesehatan’ adalah efek dari makan ‘junk food’, penyebabnya). Saya tidak akan datang terlambat lagi karena saya membeli mobil baru. (tidak datang terlambat adalah efek dari memiliki mobil).

Jika Anda masih memerlukan bantuan untuk mengidentifikasi konektor yang tepat, gunakan saja WriteBetter dan periksa penggunaan masing-masing konektor yang benar.

CONTOH

Beberapa contoh yang diambil dari makalah ini ditunjukkan di sini:

Bagaimanapun, tidak jelas apakah pelatihan diperlukan karena aksesibilitas/kegunaan alat perangkat lunak (rendah) atau karena penggunaan korpus mengharuskan pembelajar untuk mengelola beberapa pengetahuan.

Secara umum, pengguna menolak pengenalan perubahan yang tiba-tiba (sindrom bayi bebek) karena ketidaktahuan mereka.

Artikel ini diperbarui pada 25 Desember 2021

Scroll to top