WriteBetter

Peran teknologi dalam produksi teks • WriteBetter

Komputer telah memasuki bidang pendidikan di akhir tahun 80-an, yang banyak digunakan di kelas saat ini. Digitalisasi tulisan telah mempercepat pembuatan teks, dianggap sebagai perbaikan bagi siswa untuk membuat catatan di kelas. Hal ini juga menyebabkan terbukanya lebih banyak kemungkinan untuk berbagi dokumen-dokumen itu dengan segera ‘klik’. Pengolah bahasa, seperti Microsoft Word, lebih disukai oleh guru dan siswa di sekolah dan perguruan tinggi. Beberapa kontribusi terbaik dari alat ini untuk produksi teks adalah: pengetikan lebih jelas, pemeriksaan ortografi, pemformatan dokumen yang mudah dan berbagai pilihan pemformatan, kutipan referensi yang mudah, antara lain.

Kemungkinan untuk pertukaran informasi telah diperkuat secara signifikan dengan ditemukannya internet. Forum online dan komunitas virtual, email, database untuk semua disiplin ilmu, perangkat penyimpanan online, hanyalah beberapa saluran yang memungkinkan kita dapat berbagi dan menghasilkan teks. Khususnya bagi para peneliti, kemungkinan untuk berbagi dan menemukan informasi dalam basis data telah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi produksi dan penyebaran pengetahuan dalam berbagai disiplin ilmu. Banyak penelitian telah direplikasi dan, oleh karena itu, juga telah meningkatkan kontribusinya kepada dunia, dan internet memiliki peran utama dalam proses ini, mempersingkat waktu yang diinvestasikan di dalamnya.

Saat ini, semakin banyak orang memiliki akses ke internet di dunia, yang sangat penting untuk meningkatkan kesetaraan dalam akses informasi. Untuk tujuan yang sama, negara-negara telah membuktikan perlunya internet dengan membuat kebijakan yang mempromosikan penggabungannya ke dalam bidang pendidikan, serta untuk masyarakat umum sebagai kebutuhan dasar. Hal ini disertai dengan ketergantungan yang besar pada perangkat teknologi, seperti smartphone dan komputer portabel atau tablet, di lingkungan kerja, sebagai komponen penting dalam rutinitas sehari-hari para pekerja. Akhirnya, e-mail memiliki salah satu dampak terbesar pada komunikasi formal, menjadi saluran komunikasi utama di pendidikan tinggi dan lingkungan kerja, menuntut agar orang belajar dan menguasai cara menggunakan alat ini. Ini kadang-kadang disebut sebagai literasi teknologi.

Seiring dengan pengolah bahasa datang berbagai alat teknologi untuk meningkatkan keterampilan menulis, yang paling populer adalah ortografi dan pemeriksa tata bahasa. Beberapa prosesor bahasa telah dilengkapi dengan ini, tetapi mereka juga telah dikembangkan sebagai perangkat lunak koreksi teks untuk digunakan secara terpisah. Pemeriksa teks dan editor tidak hanya peduli dengan tata bahasa atau ortografi, beberapa membantu penulis dalam hal gaya, pemformatan, dan kutipan. Aspek-aspek ini sangat penting dalam penulisan akademik atau dokumen formal seperti CV, surat motivasi dan lamaran kerja lainnya.

Dalam hal komunikasi, teknologi membuka saluran di mana orang dapat bertukar pesan. Kami telah membahas kontribusi email, tetapi juga penerjemah adalah kunci ketika membantu penulis mengomunikasikan ide-ide mereka dalam bahasa lain. Pentingnya bahasa Inggris dalam sivitas akademika telah menjadikannya sebagai bahasa wajib untuk dikelola guna menghasilkan karya tulis penelitian. Bukti nyata untuk ini adalah dimasukkannya abstrak dalam bahasa Inggris, selain ringkasan yang ditulis dalam bahasa ibu peneliti. Selain itu, sebagian besar halaman web menyertakan opsi untuk diterjemahkan ke berbagai bahasa, semua berkat penerjemah online dan perangkat lunak terjemahan.

Scroll to top